Selasa, 17 Maret 2015

SI MERAH YANG MENYEHATKAN JANTUNG

Merah identik dengan warna darah, cinta, semangat, gairah, dan kekuatan. Banyak penelitian mengungkapkan bahwa buah-buahan dan sayuran berwarna merah sangat baik untuk jantung. Dan bukan cuma buat jantung, buah-buahan dan sayuran berwarna merah juga baik untuk seluruh sistem tubuh.
Hal tersebut dikarenakan buah-buahan dan sayuran berwarna merah mengandung banyak antioksidan. Nah, berikut adalah beberapa makanan sehat berwarna merah yang baik untuk kesehatan jantung Anda.
1. Anggur merah
Anggur merah sangat baik untuk kesehatan jantung. Buah ini dapat membantu mengurangi kolesterol jahat di dalam tubuh, meningkatkan fungsi pembuluh darah, menurunkan tekanan darah dan bahkan mencegah kerusakan otot jantung.
2. Delima merah
Delima adalah buah yang kaya vitamin C dan E, serta kaya serat. Minum segelas jus delima setiap hari dapat membantu menghilangkan plak yang sering menumpuk dalam arteri, sehingga dapat mencegah risiko serangan jantung dan stroke.
3. Apel merah
Apel merah sangat kaya akan vitamin C dan kalium. Buah ini juga mengandung serat larut yang disebut pektin yang mampu meningkatkan kadar kolesterol baik dan membantu mengeluarkan kolesterol jahat dari tubuh. Oleh karena itu, apel merah dapat membantu melawan penyakit jantung.
4. Stroberi
Stroberi mengandung phytonutrient yang disebut fenol yang dapat melindungi jantung dengan mengelola tingkat gula darah dan mengeluarkan kolesterol jahat dari tubuh.
5. Tomat
Tomat memiliki pigmen tanaman yang disebut likopen, yang memberikan warna merah pada tomat dan senyawa ini memiliki sifat antioksidan yang tinggi. Banyak studi menunjukkan bahwa makan tomat setiap hari dapat mengurangi risiko penyakit koroner. Tomat dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.
Inilah lima makanan berwarna merah yang disebut bisa menyehatkan jantung. (Sumber : Merdeka)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar